fakta baru!!!

21 03 2009

Komputer Mempengaruhi Mata Anda


K

enalkah Anda dengan komputer? Hal ini tentunya bukanlah pertanyaan yang sulit lagi bagi kita umumnya. Komputer dengan perangkatnya telah menemani keseharian kehidupan di banyak tempat di dunia ini. Apalagi dengan adanya fasilitas yang bernama internet. Fasilitas ini memungkinkan kita untuk saling bertukar informasi, mencari informasi, bertukar pendapat, bahkan menjalin hubungan baik dengan orang lain yang berada sangat jauh dari kita. Seiring dengan kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan yang berkembang akhir–akhir ini sebagai tuntutan globalisasi mengharuskan seseorang untuk selalu mendapat informasi mutakhir, baik melalui media elektronik, media massa, internet serta penggunaan komputer yang sangat luas


.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan internet di dunia ini lebih dari 1 milyar orang. Hal itu dapat dilihat dari tabel berikut ini,


Sementara itu, Tim Computer Network ITB pada tahun 1996 mencatat jumlah pemakai internet di Indonesia mencapai 25.000 – 30.000 orang. Jumlah itu meningkat menjadi ± 800 ribu orang pada tahun 1999 (Priyatmo, Kompas 12 Maret 2000). Menurut data APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia), jumlah tersebut meningkat tajam menjadi sekitar 2 juta orang pada akhir tahun 2000 (Bisnis Indonesia, 4 Februari 2002). Pada akhir 2006, jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai 18 juta orang. Sedangkan pada akhir tahun 2008, jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai 25 juta orang. Dan jumlah ini akan terus melonjak, diperkirakan mencapai 60 juta pengguna pada tahun 2010 (www.republika.co.id, 1 Maret 2007).

Namun, di balik pesatnya perkembangan jumlah pengguna komputer tersebut, terkadang kita lupa akan dampak negatif apabila kita menggunakan komputer terlalu lama. Dampak negatif tersebut terutama pada kesehatan kita yaitu gangguan pada penglihatan. Beberapa gejala pada mata akibat penggunaan komputer telah ditemukan dan penyebab utamanya adalah radiasi dari monitor komputer itu sendiri. Gejala–gejala yang dapat terjadi pada mata adalah kelelahan pada mata yang dapat mencapai 75 %–90 % yang dilaporkan WHO, mata kering, sakit kepala, kabur melihat dekat secara periodik, kadang–kadang kabur melihat jauh, mata merah, rasa panas, silau, pemakaian lensa kontak yang tidak nyaman, perubahan persepsi warna, nyeri leher dan bahu, istilah yang digunakan akibat penggunaan komputer dikenal dengan Computer Vision Syndrome (CVS).

CVS adalah penyakit dengan gejala berupa ganguan pada penglihatan yang terjadi pada pengguna komputer. Sekarang ini di Amerika Serikat terdapat lebih 100 juta orang menggunakan komputer, dan lebih 50 persen diantaranya mengalami Computer Vision Syndrom (CVS). Dr. Natalio J Izquierdo dari Department of Ophthalmology, Medical Sciences Campus, University of Puerto Rico mengatakan bahwa frekuensi penderita penyakit ini adalah 25-93% dari seluruh pengguna komputer. Penelitian Tri Sejati pada tahun 1989 terhadap 40 orang operator komputer membuktikan bahwa 34 orang mengalami kelelahan mata. Dari jumlah tersebut ternyata 20% bekerja secara efektif antara 2-4 jam, sedang 65% bekerja secara efektif antara 5-8 jam. Penelitian Muhdahani pada tahun 1994, di antara 57 operator komputer yang mengoperasikan komputer minimal 4 jam sehari ternyata 88,5% mengalami kelelahan mata.

Adapun faktor yang mempengaruhi penyakit ini adalah faktor ligkungan dan faktor pribadi si penderita. Faktor lingkungan adalah komputer itu sendiri, baik perangkat-perangkatnya, maupun cara penggunaannya, radiasi komputer tidak akan menimbulkan efek yang berbahaya terhadap manusia, tetapi yang diperhatikan adalah lamanya radiasi menyinari tubuh, khususnya yang mengenai mata. Intensitas radiasi yang rendah tetapi lama penyinaran yang panjang, beberapa jam dalam sehari dapat menimbulkan gangguan fisiologis. Namun, faktor pribadi si pengguna komputer juga sangat menentukan. Hal tersebut dapat berupa pemakaian lensa kontak yang dapat meningkatkan radiasi dari monitor komputer tersebut. Atau dapat pula berpengaruh pada umur orang tersebut. Orang lanjut usia akan lebih mudah menderita penyakit ini berkaitan dengan kemampuan akomodasi matanya yang telah berkurang.

Disamping astenopia akibat kerja mata yang berlebihan didepan komputer juga. Mata kering berpotensi menimbulkan mata kering menggambarkan suatu keadaan defisiensi air mata baik secara kualitas maupun kuantitas, terjadi akibat penguapan air mata yang berlebihan. Gejala mata kering bervariasi pada tiap–tiap orang seperti perasaan tidak enak dimata, rasa benda asing, mata merah, rasa terbakar dan air mata berlebihan. Dr. Stephen Foster, Professor of Ophthalmology, Harvard Medical School mengatakan bahwa frekuensi penyakit ini adalah 10-30%. Pada pemakai komputer cendrung untuk mengurangi kedipan sekitar 7 kali permenit, sedangkan normalnya 22 kali per menit, ini akan meningkatkan evaporasi air mata.

Dengan adanya dampak-dampak negatif tersebut, akankah kita harus meninggalkan penggunaan komputer? Tentu tidak. Kita dapat mengantisipasi kemungkinan buruk tersebut terjadi namun tetap mengikuti perkembangan teknologi informasi, khususnya menggunakan komputer. Beberapa hal yang dapat kita lakukan adalah filter pada monitor komputer agar radiasi sinar yang dipancarkan dapat berkurang. Kemudian, dianjurkan untuk istirahat selama 15 menit setelah bekerja terus menerus dengan komputer selama 2 jam dengan beban kerja sedang dan 1 jam pada beban kerja berat. Olah raga yang teratur juga dianjurkan untuk meningkatkan kebugaran dan kesehatan tubuh.


Actions

Information

2 responses

10 04 2009
fenTtoonogors

I’m new to this blog. Apologize for asking this though, but to OP…
Do you know if this can be true;
http://www.bluestickers.info/ringtones.php ?
it came off http://ringtonecarrier.com
Thanks🙂

3 05 2009
M4khLUk KErdIl

yes…
u’re in the right side

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: